Senin, 26 Oktober 2009

Baterai Cair untuk Ponsel


Batere Li-ion? Ah itu sih kuno. Batere berdaya solar untuk ponsel? Hmm, juga tak lagi baru.

Yang istimewa adalah tawaran Toshiba. Produsen yang satu ini telah memperkenalkan Direct Methanol Fuel Source (DMFS) untuk ponsel. Ya, Anda tidak salah dengar. Toshiba memang menggunakan fuel cell untuk ponsel Anda. Dan ini sudah menjadi kenyataan, bukan lagi sebuah wacana.

Produk Toshiba, disebut Dynario, adalah solusi pengisi daya clip-on yang ditempelkan ke bagian belakang ponsel, di lokasi yang tadinya ditempati oleh batere standar. Dynario menjanjikan “pengisian ulang yang nyaris instan” dan memungkinkan ponsel Anda tetap terisi dayanya kendati tidak tersedia sebuah jala-jala listrik di dekat Anda. Perangkat ini membutuhkan campuran methanol dan oksigen ambient, dan reaksi kimia di antara keduanya dalam fuel cell akan menghasilkan listrik.

Anda cukup membuka tutup botol, menyemprotkan sedikit cairan, lalu menutup kembali tutup botol itu. Maka fuel cell akan mulai mendayai ponsel. Tidak perlu tekan tombola apa pun. Dan hanya butuh sekitar 20 detik untuk mengisi seluruh container, kendati tidak dijelaskan berapa lama daya itu bisa mendukung aktivitas ponsel.

Saat ini, batere cair ini beredar secara terbatas di Jepang. Dan dalam waktu dekat Toshiba akan memproduksi 3000 unit, yang belum diketahui harganya.

0 comment: