Rabu, 21 Juli 2010

MENGENAL LEBIH JAUH GANGGUAN PROSTAT

Gangguan prostat merupakan salah satu penyakit yang ditakuti di kalangan pria usia lanjut. Betapa tidak? Kelenjar prostat sering menimbulkan masalah dalam kehidupan kaum pria. Berdasarkan data, tidak kurang dari 70% pria usia lanjut mengalami kanker prostat. Biasanya kanker prostat mulai mengintai pria umur 50 tahun, dan sepuluh tahun kemudian sering mengganas.
Menurut Rainy Umbas dari Subbagian Urologi, Bagian Bedah FKUI/RSCM, dalam salah satu seminar di Jakarta, angka kejadian kanker prostat di Amerika Serikat merupakan yang sering terjadi pada kaum pria. Sayang hingga saat ini Indonesia belum memiliki data penderita kanker prostat secara lengkap. Namun berdasarkan data dari 13 Fakultas kedokteran di Indonesia tahun 1988-1990, kanker prostat termasuk 10 penyakit terganas yang sering menimpa kaum Adam.

Apakah hanya kanker yang sering menggangu prostat anda? Ternyata tidak! Banyak gangguan yang senang mendekati prostat anda. Kenali ‘ Dia agar anda siap menangkisnya ‘.



MENGENAL PROSTAT

Prostat adalah suatu kelenjar pada pria yang terletak di antara tulang kemaluan dan poros usus. Akibat rangsangan hormon testosteron yang diproduksi testis, prostat menghasilkan cairan semen. Prostat mengelilingi saluran kemih bagian atas, tempat mengalirnya air seni dari kandung kemih ke luar.

Ketika seorang pria memasuki pubertas, ukuran prostatnya sebesar buah kenari. Ukuran ini adalah normal dan tidak menekan saluran kemih. Pria menjelang usia 50 tahun, sebagian besar mengalami pembesaran prostat yang menyebabkan saluran kemih tertekan sehingga pengeluaran air seni menjadi sulit dan lambat.

Hambatan ini membuat kandung kemih harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan air seni, mengakibatkan otot dinding kandung kemih menebal dan ukuran kandung kemih membesar. Bila keadaan ini tidak segera diatasi, pengeluaran air seni tidak tuntas dan sisa air seni yang tertinggal dapt mengakibatkan infeksi kandung kemih yang bisa menjalar ke ginjal sehingga kerja ginjal terganggu.



AKIBAT PEMBESARAN PROSTAT.

Pembesaran prostat mengakibatkan seringnya buang air kecil dengan gejala pancaran air seni melemah dan tidak tuntas. Rasa ingin buang air kecil sering muncul. Jika dibiarkan pembesaran prostat dapat menjepit saluran air seni yang semakin lama bertambah buruk sehingga anda tidak mampu lagi mengeluarkan air seni.



ANEKA MASALAH PROSTAT

· Hipertrofi.

Pembesaran kelenjar prostat disebut hipertrofi..Pembesaran ini merupakan keluhan prostat yang banyak ditemukan, disebabkan oleh pertumbuhan, jaringan prostat ke dalam uretra (saluran air seni ) sehingga menyempitkan rongga uretra. Bila pertumbuhan jaringan ini bertambah besar, uretra menjadi semakin terjepit, aliran senipun terhambat.

· Prostatitis

Peredangan prostat akibat infeksi. Peradangan ini sering menyertai hipertrofi prostat jinak. Infeksi prostat juga mengakibatkan pembengkakan jaringan prostat sehingga menghambat aliran air seni. Pada prostatitis, air kencing sering bernanah, terasa panas saat buang air kecil dan ejakulasi.

· Kanker

Kanker prostat biasanya dimulai dari bagian permukaan kelenjar prostat. Kanker prostat bisa teraba pada saat pemeriksaan. Jaringan prostat normal akan terasa lunak, sedangkan tumor atau kanker ganas akan terasa lebih keras. Harus diwaspadai bahwa kanker prostat seringkali tidak menimbulkan sumbatan pada aliran air seni.



PEMERIKSAAN PROSTAT

Banyak pemeriksaan fisik atau laboratorium yang harus dilakukan untuk mengetahui gambaran lengkap kondisi prostat anda. Pemeriksaan ini meliputi : riwayat medis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan lain yang dapat menunjang hasil pemeriksaan.



RIWAYAT MEDIS

Biasanya dokter akan bertanya kepada anda keluhan-keluhan yang dihadapi, penyakit lain yang sedang anda alami, riwayat penyakit dalam keluarga, alergi terhadap obat tertentu dan pengobatan apa yang pernah anda jalani.

· Pemeriksaan fisik.

Dokter akan melakukan pemeriksaan colok dubur yaitu perabaan terhadap prostat melalui lubang dubur. Perabaan ini dapat mendeteksi adanya pembesaran atau kelainan yang terjadi pada prostat. Menurut Rainy, pemeriksaan colok dubur ini merupakan pemeriksaan yang mudah dan murah dalam mendeteksi kanker prostat dengan ketepatan sampai 21-53%.

· Pemeriksaan laboratorium.

Untuk mengetahui gangguan prostat banyak pemeriksaan laboratorium yang tersedia, di antaranya Tes PSA ( Prostate Specific Antigen ), tes darah dan urinalisis ( pemeriksaan air seni ).



TES PSA

Tes PSA digunakan untuk mendeteksi kadar protein spesifik dalam darah. Tingginya kadar protein tersebut dapat menunjukkan kemungkinan kanker prostat. Perkumpulan kanker di Amerika Serikat ( the American Cancer Society ) menganjurkan agar setiap pria yang berusia 50 tahun ke atas menjalani tes PSA.



TES DARAH

Tes darah juga bisa mengetahui penurunan fungsi ginjal yang disebabkan oleh terbentuknya kumpulan air seni yang tertahan akibat pembesaran prostat.



URINALISIS

Pemeriksaan air seni penting untuk mengetahui tanda-tanda gangguan prostat. Kelainan yang ditemukan pada air seni dapat menimbulkan adanya infeksi di uretra atau kandungan air kemih.

Berdasarkan hasil yang ditemukan dari pemeriksaan di atas, dokter menganjurkan untuk menjalankan pemeriksaan seperti di bawah ini untuk memastikan diagnosa.



IVP

( Intra Venous Pyelogram ) adalah pemeriksaan terhadap saluran kemih dengan sinar-X, untuk mendeteksi adanya gangguan pada sistem saluran kemih seperti batu ginjal atau tumor kandungan kemih.



SISTOSKOPI adalah pemeriksaan pada kandungan kemih dan prostat dengan menggunakan alat yang dinamakan sistoskop, untuk menditeksi penyebab sumbatan pada kandung kemih.



ULTRASOUND ( USG ) adalah pemeriksaan dengan menggunakan gelombang suara untuk memperoleh gambaran “ tiga dimensi “ dari organ yang di periksa. Efektif untuk mengetahui dan mengukur besarnya prostat maupun tumornya.



MRI ( Magnetik Resonance Imaging ) dan CT ( Computed Tomography )

Merupakan suatu metode pemeriksaan yang akurat untuk memperoleh gambaran jaringan prostat secara jelas.



PERENCANAAN TERAPI

Setelah dilakukan evaluasi terhadap hasil pemeriksaan, dokter akan memberikan terapi yang sesuai. Ketika prostat dalam taraf infeksi dan merenggang, biasanya dokter meresepkan obat yang harus di konsumsi sedikitnya selama seminggu.selain itu juga dokter akan menganjurkan istirahat total ( bed rest ) dan banyak minum. Namun jika terdapat hipertrofi prostat jinak, pengobatan yang diberikan di sesuaikan kondisi dan gejala yang anda alami.



PERLUKAH OPERASI?

Jika anda mengalami pembesaran prostat, sangat sulit buang air seni terjadi pendarahan, fungsi ginjal menurun, atau infeksi berulang di kandung kemih, anda mungkin merupakan ‘ calon ‘ pasien yang perlu menjalani operasi prostat alias prostatektomi.



APA ITU PROSTATEKTOMI ?

Prostatektomi adalah pembedahan untuk mengangkat jaringan tumor pada prostat. Sebagian besar operasi ini berhasil menghilangkan sumbatan yang memperbaiki aliran air seni. Berdasarkan penelitian, operasi ini juga tidak menggangu kemampuan seksual anda.



Operasi prostat ada 2 macam :

· TUR ( Trans Urethmal Resection ). Sebuah alat yang dinamakan resektoskop dimasukkan melalui saluran kencing batang penis. Melalui ini memungkinkan dokter untuk melihat daerah prostat dan sekitarnya, dan memotong jaringan tumor yang menyumbat saluran kemih. Setelah itu dilakukan pembilasan dengan air dan jaringan tumor dikeluarkan melalui resektoskop.

· Prostatektomi terbuka. Operasi ini dilakukan dengan cara menyayat bagian perut. Operasi semacam ini bisa mengangkat jaringan tumor dan batu kandung kemih sekaligus. Dokter akan mengangkat jaringan tumor melalui kandung kemih (suprapubik), melalui dinding kelenjar prostat ( retropubik ), atau melalui daerah perineum, yaitu daerah di antara buah zakar dan dubur.



Setelah operasi selesai, kateter akan dipasang melalui batang zakar. Keteter ini berfungsi untuk menjaga agar aliran air seni tetap lancar. Biasanya kateter ini dipasang selama 2-4 hari (setelah operasi TUR) atau 1 minggu ( setelah operasi prostatektomi terbuka).



MASA PEMULIHAN

Penyembuhan setelah operasi memerlukan waktu 2-6 minggu. Selama masa penyembuhan, dianjurkan banyak minum cairan untuk menguras isi kandung kemih. Bulan pertama setelah operasi TUR mungkin anda akan mengalami pendarahan akibat terkelupasnya jaringan bekas luka operasi di dalam kandung kemih. Dengan bed rest dan banyak minum, biasanya pendarahan akan cepat berhenti. Apabila setelah 6 minggu masih banyak pendarahan segeralah ke dokter.



BIO ENERGY POWER TERHADAP PROSTAT.

Pembesaran Prostat maupun hipertrofi, protatitis dan kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh karena gangguan metabolisme tubuh serta mengganasnya bakteri dalam tubuh. Bio Energy Power bekerja dengan memperbaiki metabolisme tubuh dan melipat gandakan kualitas antibodi dalam membuang bakteri yang mengganas. sehingga operasi dapat dihindarkan. seandainya operasi masih harus tetap dilakukan maka latihan Bio Energy Power akan lebih meningkatkan keberhasilan operasi tersebut.

0 comment: