Minggu, 04 Oktober 2009

Penggunaan bahasa Indonesia di Internet


Mungkin banyak ragam bahasa di internet yang sangat membuat hati kita takjub, betapa banyaknya jenis bahasa yang digunakan. setiap bahasa pun memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari diksi, majas, punktuasi, nada, semuanya beragam. ada juga bahasa gaul yang umum digunakan oleh anak muda di zaman ini. Khususnya di Jakarta. Di sana memang menggunakan bahasa Indonesia. namun bahasa mereka telah mengalami perubahan, misalnya “saya” diganti menjadi “gue” ada juga orang yang mengubah bahasa indonesia menjadi bahasa yang tidak lazim(menggunakan kode). Mungkin karena bahasa indonesia dianggap terlalu norak dan sederhana. demikian juga bahasa yang digunakan dalam internet di daerah lain di Indonesia. yang penting pesan nya dalam kalimat dan ucapan mereka dapat tersampaikan pada lawan bicara. tak peduli bagaimana model bahasa, ejaan, dan diksi yang digunakan. mungkin begitulah ragam bahasa di internet. Menganut asas bebas aktif dan berdaulat, seperti negara kita.



Di zaman yang serba sulit ini bahasa masih juga bisa menghasilkan uang lewat internet. semisal promosi atau barter. semuanya lewat internet. e-mail adalah jalurnnya. Belum lagi dengan adanya banyak forum-forum online. penggunaan bahasa dalam e-mail untuk sebuah instansi biasanya baku dan sopan. berbeda dengan bahasa yang digunakan saat lagi chating sehari-hari dengan teman sehari-hari. Kita cukup menggunakan bahasa keseharian. mungkin bahasa adalah kunci utama untuk masuk dalam sebuah lingkup dalam lingkungan sekitar. Untuk meyesuaikan diri kita dalam sebuah lingkungan, demikian juga dalam internet. kita juga mengikuti trend berbahasa di lingkungan tersebut. dalam sebuah forum online biasanya bahasa yang digunakan lebih halus dan sopan. apalagi dalam menawarkan produk di internet. Sang penjual pasti menggunakan bahasa yang menarik perhatian para konsumen.

Anak muda, orang tua. Dalam menyampaikan sebuah informasi online (internet) mempunyai ciri masing-masing. itulah sebabnya mengapa indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika. Dalam internet bukan hanya ada satu jenis komunitas. Melainkan ada ribuan kelompok dan komunitas di dunia. Dan disetiap kelompok itu penggunaan bahasanya berbeda-beda. Tergantung dari orang-orangnya dan kondisi apa di dalamnya. Itulah penggunaan bahasa dalam media internet menurut saya.
jadi kesimpulanya adalah penggunaan bahasa indonesia di internet kurang diperhatikan. orang-orang umumnya menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar hanya dalam forum-forum resmi saja. selain hal diatas orang-orang lebih suka menggunakan bahasa daerah yang lazim digunakan karena dinilai lebih enak dan nyaman.

0 comment: